Pengertian Kamera

Pengertian Kamera – Pada jaman sekarang, kamera bukan merupakan hal yang istimewa berbeda dengan pada jaman 90 – an dan 2000 an. Pasalnya pada jaman itu kamera masih sangat sedikit dan kalau pun ada kualitasnya masih sangat rendah dan berbeda pada jaman sekarang.

pengertian kamera
Foto : Pexels.com

Kamera, mungkin anda tidak asing mendengar istilah tersebut. Dan mungkin anda tidak begitu mengetahui arti secara resmi menurut para ahli. Yang kita ketahui yakni kamera adalah seseuatu alat yang digunakan untuk menangkap gambar dan merekam video. Namun, masih ada pengertian lainnya yang lebih resmi dan mendetail.

Pengertian Kamera

Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk “ruang gelap”, mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya [Wikipedia, 2018].

Untuk melakukan tugasnya, kamera mememiliki beberapa komponen penting yang mungkin harus anda ketahui jika ingin terjun kedunia fotografi.

Komponen – Komponen Kamera

komponen kamera
Foto : Pexels.com

A. Lensa Kamera

Lensa kamera merupakan komponen utama yang terdapat disemua kamera yang membentuk gambar / image sebuah objek. Bagi kamera digital, lensa masih terbagi menjadi dua yakni lensa zoom dan lensa prime.

1. Lensa Zoom

Lensa ini merupakan lensa yang memiliki rentan focal length yang bisa diubah sesuai keinginannya.  lensa ini juga sangat berguna jika anda ingin mengambil objek yang letaknya sangat jauh, sehingga dapat diperbesar menggunakan lensa ini dengan mudah.

2. Lensa Prime

Lensa prime sangat berbeda dengan lensa zoom. Jika lensa zoom memiliki Rentan Focal Lenght(RFL) yang bisa diubah – ubah. Jika pada lensa prime RFL cenderung tunggal dan tidak bisa diubah. Sehingga jika anda ingin memperbesar gambar bisa dilakukan secara manual dengan mendekati objek yang dituju.

B. Aparture

Saat membeli kamera ataupun smartphone jika anda lihat dibagian spesifikasi pati membaca mengenat Aperture f/2.0 atau lain sebagainya. Apakalah anda mengetahui artinya ? Aparture adalah irisan bukaan lensa yang mampu untuk dibuka. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada cahaya yang masuk sehingga cerah atau gelapnya gambar tergantung oleh aparture pada kamera. Semakin besar nomornya, maka semakin besar bukaan yang dapat dibuka.

Mungkin dua hal tersebut adalah komponen dalam kamera yang mungkin harus anda ketahui sebagai pemula dalam dunia fotografi. Nah selanjutnya disini saya akan menyampaikan Jenis – Jenis Kamera dan Pengertiannya.

Jenis Kamera Dan Pengertiannya

1. Pengertian Kamera Digital

Kamera digital merupakan kamera yang paling banyak kita temui dan kamera smartphone juga bisa disebut kamera digital. Jika dilihat dari kualitasnya, kamera digital merupakan kamera dengan tingkat paling bawah diantara jenis – jenis lainnya. Sensor kamera yang masih sedikit dan Megapixel juga masih terbatas. Namun, jika dibandingkan dengan kamera ponsel kamera digital lebih unggul dilihat dari hasil jepretannya.

2. Pengertian Kamera DSLR

Pengertian kamera DSLR
Foto : Unsplah.com

Kamera DSLR (Digital SLR atau DSLR) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder [Wikipedia, 2018].

Kamera DSLR merupakan kamera yang bisa anda gunakan sebagai awal untuk menjadi fotografi profesional. Pasalnya berbeda dengan kamera digital, Kamera DSLR ini memiliki fiture yang lebih komplite dan pengaturan yang lebih rumit dan beragam. Sehingga, anda sangat bisa untuk menguji kreatifitas menggunakan kamera ini.

3. Pengertian Kamera Video

Kamera Video merupakan kamera yang mampu menangkap gambar digital menjadi gambar analog. Seperti namanya, kamera video lebih banyak digunakan untuk merekam gambar dibandingkan dengan memotret. Hal ini dikarenakan fungsi dan spesifikasinya yang dikhususkan untuk mengambil video.

4. Pengertian Kamera Analog

Kamera Analog adalah kamera yang menggunakan media film untuk memotret gambar. Jadi gambar yang dihasilkan bukan secara digital melainkan melalui media film. Namun, jangan beranggapan bahwa kamera digital lebih baik dari kamera analog. Semua itu bisa dilihat dari fungsi dan dari masih – masing kamera memiliki kelebihan dan kekurangan.

5. Pengertian Kamera Mirorrless

pengertian kamera mirrorless
Foto : Pexels.com

Kamera Mirroless merupakan kamera tidak memiliki cermin dan jendela optik. Jika dibandingkan dengan Kamera DSLR disegi kualitas hampir – sama. Perbedaannya terletak pada ukuran dan teknologi terbaru berada pada Kamera Mirrroless.

Kamera Mirroless ukurannya lebih kecil dan ringan ketimbang Kamera DSLR. Hal inilah yang membuat kamera jenis ini banyak digunakan ahir – ahir ini. Bahkan kamera ini bisa masuk ke kantong saku sama denga kamera digital, namun untuk fiture dan sensor Mirrorless lebih unggul.

Kurang lengkap sepertinya jika kita membahas pengertian kamera saja, di artikel ini admin juga akan membahas seputar sejarah kamera dari dulu hingga sekarang. Yuk kita lanjut sambil di minum kopi nya 🙂

Sejarah Kamera

Sejarah kamera
Foto : Pexels.com

Kita ketahui bahwa kamera merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk menangkap gambar ataupun merekam suatu kejadian. Namun, apakah anda tahu bahwa ada sejarah kamera yang sangat panjang. Serta perkembangannya dari tahun ketahun hingga yang kita ketahui hingga sekarang dengan banyak kecanggihan yang ditawarkan.

Pada awal diketemukannya, kamera tidak secanggih seperti saat ini. Semuanya serba manual dean menggunakan cahaya matahari sebagai penangkap gambar objek. Nah, disini kita akan membahas mengenai Sejarah dari Kamera dan juga perkembangannya dari awal hingga saat ini dengan menawarkan fiture – fiture yang menarik.

1. Kamera Obscura

Sejarah Kamera Obscura
Foto : Wikipedia

Kamera Obscura merupakan awal kali atau bisa dibilang sebagai inspirasi pertama ditemukannya sebuah kamera. Pasalnya, kamera ini sama sekali tindak menggunakan teknologi elektronik dan semuanya serba menggunakan bahan manual.

Kamera obscura juga berarti “ruang gelap” ditemukan oleh Alhazen pada 1000 tahun setelah masehi. Pada konsepnya, kamera jenis ini sangat bergantung dengan sinar matahari. Jadi, jika anda mengambil gambar dalam keadaan gelap hal tersebut akan sangat sulit. Hal ini disebabkan karena sistem kerjanya yang menangkap objek memalui lubang kecil yang disinari cahaya. Kemduan diberikan kertas putih atau kertas foto untuk menangkap gambarnya.

2. Kamera Portable Obscura

Pada tahun 1660-an kamera obscura mengalami modifikasi oleh Robert Boyle ilmuan yang berdarah inggris. Yang sebelumnya kamera berbentuk sangat besar dan lebih cenderung untuk sulit dibawa kemana – mana. Maka, Robert Boyle dengan assistenya Robert Hook menjadikan Kamera Obscura menjadi lebih portable dan ringkas.

3. Kamera Daguerreotype

Sejarah Kamera Daguerreotypes
Foto : Wikipedia

Pada tahun 1829 seorang bernama Jacques Daguerreo yang berkewarganegaraan Prancis. Bersama partnernya Joseph Nichepore mengembang kamera yang berhasil menjepret objek dan dianggap sebagai foto terbaik pertama pada masa tersebut.

4. Kamera Pelat Kering Collidion

Sejarah Kamera Pelat Kering
Foto : Wikipedia

Mungkin kamera ini masih anda temui dalam film – film luar negri yang bernuansa jaman dahulu. Kamera Collidion ditemukan pada tahun 1857 oleh Desire Van Monckhoven. Dari kamera ini, berkembanglah kamera – kamera Collidion yang telah dimodifikasi dan ditingkatkan kemampuan untuk pencahayaan serta dalam pengambilan gambar.

5. Kamera Kodak atau Kamera Film

Sejarah Kamera Kodak
Foto : Wikipedia

Bagi anda yang merupakan generasi 90-an dan 2000-an mungkin tidak asing dengan nama kamera ini. Ya, kamera ini sempa0t sangat populer pada jaman tersebut. Sehingga, orang tidak susah – susah lagi untuk mencetak foto dan harganya yang lebih murah daripada jenis kamera sebelumnya.

Hal ini membuktikan bahwa Sejarah Kamera mengalami peningkatan yang sangat pesat. Kamera Kodak sudah dilengkapi dengan roll yang kemudian bisa digunakan untuk mencetak foto. Dikembangkan oleh  George Estaman pada tahun 1885.

6. Kamera Analog

kamera analog sony
Foto : Wikipedia

Sejarah Kamera Analog sangat bergitu dalam. Kamera Analog pertama kali dikenalkan pada 1981 oleh merk kamera bernama Sony Mavica.

Di Jepang sendiri kamera analog pertama kali dibuah oleh Canon. Ya, yang hingga sekarang masih exsis didunia fotografi dan dikenal dengan produk – produknya yang sangat berkualitas. Namun, sangat disayangkan ternyata kamera analog sangat minim peminatnya dipasaran masyarakat. Hal tersebut dikarenakan, biaya produksi kamera ini yang sangat mahal membuat masyarakat untuk memilih jenis kamera lain.

7. Kamera Digital

kamera digital
Foto : Wikipedia

Kamera yang anda gunakan saat ini termasuk kedalam kamera digital. Sejarah Kamera Digital pertama dibuat oleh Fuji pada 1988. Jika dilihat dari tahunya, bisa dibilang kamera analog merupakan kakak dari kamera digital.

Kamera digital ini merupakan kamera yang pertama kali menggunakan Kartu Memori sebsar 16 MB dan gambar yang dihasilkan berformat JPEG dan MPEG.

Sedangkan untuk Kamera DSLR diperkenalkan pada tahun 1999 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Untuk kamera DSLR yang pertama kali yakni Nikon D1 yang ukurannya lumayan besar jika digenggam.

Demikian ulasan mengenai pengertian kamera dan sejarah perkembangan kamera hingga sekarang, bisa anda lihat bahwa perkembangan kamera begitu pesat. Hingga saat ini ada Jenis Kamera baru yang memiliki nama Mirorrless. Untuk kemampuannya hampir mirip dengan DSLR namun, Mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dibawa.