Pengertian Dan Fungsi Scanner

Pengertian dan Fungsi Scanner Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kata “Scan” pada komputer? Sebenernya seperti apa sih proses “scan” tersebut ? Scan adalah suatu proses input berupa gambar atau image kedalam sebuah komputer menggunakan alat yang disebut sebagai Scanner Image.

pengertian dan fungsi scanner

Pada kesempatan kali ini admin ingin mencoba membagikan informasi tentang hardware berupa scanner image tersebut. Namun sebelum kalian lanjut ke pembahasan mungkin kalian bisa baca terlebih dahulu apa itu Hardware.

Pengertian Scanner

Scanner adalah alat elektronik komputer yang berfungsi untuk memasukkan data berupa gambar dan di proses melalui komputer. Berbeda dengan mesin fotocopy kalo mesin fotocopy hasil bisa langsung kita lihat pada media kertas sedangkan scanner hasilnya di tampilkan terlebih dahulu ke layar komputer kemudian di proses manual ke dalam komputer dengan bantuan operator.

Data yang sudah diambil dengan scanner tersebut dapat dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer dengan mengenali teks yang di sebut ASCII (American Standard Code for Information Interchange). apa itu ASCII kalian bisa baca penjelasannya disini.

Pada saat sekarang ini sudah banyak sekali tipe dan merk scanner yang beredar di dunia. Diantaranya ialah scanner dari Canon, HP ( Hewlett Packard ), EPSON, UMAX dan masih banyak yang lainnya. Perbedaan dari tiap-tiap scanner terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi yang di maksud ini seperti tombol-tombol digital dan tekhnik pencahayaan pada scanner.

Fungsi Scanner

Seiring berjalannya waktu, scanner tidak hanya berfungsi sebagai alat pemindai. Pada sekarang ini sudah hadir scanner multi fungsi yang merupakan seperangkat scanner yang didalamnya sudah dapat berfungsi sebagai printer, fotocopy bahkan fax. Jadi sekarang fungsi scanner sudah lebih lengkap lagi.

Karena sekarang scanner sudah bisa multi fungsi jadi kita sudah bisa sekaligus memfotocopy suatu dokumen baik itu dalam model hitam putih ataupun berwarna.

Jenis-Jenis Koneksi Scanner Ke Dalam Komputer

  • Jenis koneksi pararel : jenis ini adalah koneksi model lama, karena komputer-komputer jadul koneksinya masih menggunakan pararel port.
  • Jenis koneksi USB Versi 1 : jenis ini merupakan jenis koneksi setelah pararel port, koneksi USB versi 1 ini lebih cepat dibandingkan koneksi sebelumnya sehingga kecepatan untuk memindai selembar kertas bisa lebih cepat.
  • Jenis koneksi USB Versi 2 : jenis ini lebih cepat lagi dari versi 1 dan pararel, koneksi USB versi 2 ini sangat populer karena komputer dan laptop saat ini banyak yang sudah tidak support dengan koneksi pararel port lagi.

Cara Kerja Scanner

mungkin kalian masih ada yang belum tau seperti apa sih cara kerja scanner itu. oke saya jelaskan, ketika kalian menekan tombol pada mouse untuk memulai scanning, yang terjadi ialah sebagai berikut :

  1. Penekanan yang tadi dilakukan pada mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan semua proses pengiriman ke unit scanning.
  2. Lalu mesin scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
  3. Jika Lampu indikator scanner sudah menyala menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dikerjakan.
  4. Setelah lampu indikator sudah mati, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat di layar monitor kalian.
  5. Namun apabila hasil tampilan gambar/teks ingin dirubah, kalian dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Seperti Photoshop, Adobe dan lain-lain.

Demikan artikel seputar pengertian dan fungsi scanner, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kalian yang ingin menambah pengetahuan tentang komputer. Terimakasih sudah mengunjungi blog kamerakamera.net 🙂