Kamera Analog

Kamera Analog –Kamera adalah sebuah alat yang digunakan untuk menangkap gambar ataupun video. Tujuan dibuatnya kamera yakni untuk mengabadikan aktivitas atau momen yang dianggap penting dan bersejarah. Sehingga, dikemudian hari kita bisa mengenangnya hanya dengan melihat foto / gambar tersebut.

kamera analog
Foto : Pexels.com

Bagi anda yang menyukai dunia fotografi mungkin bisa menekuninya menggunakan kamera ponsel terlebih dahulu. Jika ilmu yang didapat serta teknik – teknik dalam fotografi sudah dikuasai bisa berlanjut menggunakan kamera digital profesional seperti DSLR ataupun Mirroless.

Kedua jenis kamera tersebut merupakan bisa dibilang sebagai kamera modern karena diperkenalkan pada tahun 90-an dan 2000-an. Selain itu, kedua jenis kamera tersebut juga masih dikembangkan hingga saat ini. Namun, apakah kalian tahu bahwa selain dua jenis kamera tersebut terdapat kamera yang lebih unik dan antik ?

Pada tahun 1980-an munculah kamera yang pertama kali yang menggunakan roll film didalamnya. Yakni kamera analog yang dikenal sebagai kamera jadul. Akan tetapi, hasil dari jepretan kamera ini memiliki ruang tersendiri dihati para fotografer.

Kamera Analog Adalah

Kamera analog merupakan kamera yang menggunakan kertas film untuk memotret gambar. Pengertian secara simple,kamera analog itu bukan kamera digital. Walaupun bisa dibilang kamera digital lebih canggih, tetapi kamera analog juga memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh kamera digital dan begitu sebaliknya.

Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Analog

kelebihan kamera analog
Foto: Pexels.com

Kelebihan Kamera Analog

1. Tahan Banting Dan Awet

Keunggulan yang pertama yakni Kamera Analog lebih tahan lama dalam hal keawetan. Selain itu, pemeliharaannya juga sangat mudah. Hal ini dikarenakan komponen didalam kamera analog masih minim dengan komponen – komponen elektronik. Sehingga, untuk terjadi kerusakan sangat jarang sekali.

2. Resolusi Kamera Yang Besar
kamera analog resolusi
Foto: Pexels.com

Dalam segi hasil jepretan, kamera analog memilik banyak kelebihan. Diantaranya yakni tidak memiliki batasa resolusi. Bisa kita lihat, bahwa kamera digital jaman sekarang pasti memiliki batas resolusi yang jika dilihat itu sangat kecil.

Berbeda dengan kamera analog yang tak kenal resolusi kamera. Sekilas, jika sebuah kamera memiliki resolusi tertentu, maka jika ingin dicetak harus sesuai dengan resolusi jika berlebih maka foto akan pecah. Sedangkan kamera tanpa resolusi, jika foto yang dihasilkan ingin dicetak sebesar meja ataupun lemari maka kualitasnya tetap bagus dan tidak pecah.

3. Tidak Mengenali Noise
kamera analog noise
Foto: Pexels.com

Noise dalam istilah fotografi merupakan bintik yang timbul didalam foto yang diakibatkan oleh settingan ISO terlalu besar atau bisa juga yang lainnya. Kamera digital dengan kualitas low akan sangat mungkin terkena noise ini. Namun tidak untuk kamera analog. Pasalnya, seperti yang disebutkan diatas kamera analog tidak mengenal istilah resolusi. Jika sebuah kamera tanpa resolusi maka noise tidak akan tercipta dalam foto atau gambar.

4. Foto Cerah Dan Jernih

Kamera analog yeng menggunakan film akan lebih cenderung menghasilakan foto yang jernih serta warna yang tajam tanpa harus melakukan settingan yang terlalu rumit seperti halnya kamera digital.

5. Media Penyimpanan Yang Lebih Wantek
kamera analog media penyimpanan
Foto: Pexels.com

Berbeda dengan media penyimpanan kamera digital yang menggunakan memori. Kamera analog menggunakan Film sebagai media penyimpanannya. Sehingga, tidak akan mengenal istilah file corrupt atau yang lainnya.

Kekurangan Kamera Analog

Disetiap kelebihan pasti ada kekurangan didalamnya, begitu juga dengan kamera analog. Kekurangan yang paling terasa yakni jika anda ingin mencuci foto yang anda jepret. Hal tersebut akan menjadi sangat repot. Pasalnya, jika menggunakan kamera digital setelah anda memotret anda langsung bisa melihat hasilnya dilayar kamera. Selain itu, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebuah objek maka anda harus mesettingnya terlebih dahulu.

Contoh kamera analog yang masih recomended untuk dipakai yakni Pentax ME dan Nikon FE 2 atau kamera lainnya yang sudah dikembangkan dari seri tersebut . pendahulunya.

Demikian ulasan mengenai pengertian kamera analog dan kelebihan kekurangan kamera analog. Setelah mengetahuinya, bagi anda yang ingin menjadi fotografer profesional alangkah baiknya untuk memiliki kedua jenis kamera ini. Ya walaupun harganya tidak murah, akan tetapi dengan memiliki kedua jenis kamera ini anda bisa membandingkan hasil jepretannya secara langsung.