Cara Membersihkan Lensa Kamera

Cara Membersihkan Lensa Kamera – Kamera merupakan perangkat yang sangat penting bagi fotografer. Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, kamera yang digunakan harus dalam keadaan prima. Sehingga, tak jarang fotografer selalu melakukan perbaikan atau service rutin terhadap kameranya saat sebelum untuk melakukan pemotretan. Terutama membersihkan bagian lensa kamera karena rawan tumbuhnya jamur didalamnya.

Masalah yang sering ditemui oleh fotografer yakni kameranya yang kotor, terutama bagian lensa.  Lensa kamera merupakan bagian yang sangat penting dan menentukan kualitas hasil foto nantinya. Seringkali lensa kamera mengalami masalah berupa berjamur dan kotor akibat debu. Kedua hal ini akan menyebabkan titik titik besar (tergantung ukuran jamurnya) dalam hasil jepretan nantinya.

Sebenarnya, jamur didalam lensa kamera bisa tumbuh akibat kurangnya perhatian kepada kamera yang dimiliki. Pasalnya, menyimpan kamera didalam tempat yang kering seperti almari baju, laci meja dalam jangka waktu yang lama menjadi salah satunya. Hal ini dikarenakan jamur sangat suka hidup di daerah – daerah yang lembab.

Jika kamera anda sudah berjamur atau kotor, solusi yang paling baik yakni membersihkan lensa kamera. Bisa dengan ke service kamera ataupun anda lakukan sendiri. Untuk membersihkan lensa kamera berjamur dibutuhkan alat – alat yang memadahi untuk membuka lensa kamera itu sendiri. Selain itu, ketelitian juga dibutuhkan serta harus ekstra berhati – hati. Karena lensa kamera merupakan organ sensitif dalam sebuah kamera.

Cara Membersihkan Lensa Kamera

membersihkan lensa kamera

Alat – Alat Yang Digunakan :

  1. Obeng – Obeng yang digunakan berupan Lens Speaner yang berupa kunci pas. Jika kamera anda buatan Jepang bisa menggunakan Obeng JIS.
  2. Mangkok Alumunium – Mangkok ini digunakan untuk menyimpan atau meletakkan sekrup dari kamera ataupun bagian – bagian sensitif dari kamera.
  3. Sarung Tangan Nitril – Sarung tangan ini merupakan alat wajib untuk menghindari tangan menyentuh lensa secara langsung. Agar tidak menimbulkan bekas “cap” jari tangan anda.
  4. Lampu Belajar – untuk menerangi secara dekat bagian lensa kamera. Karena jika hanya menggunakan lampu rumah dirasa kurang cukup terang.
  5. Pinset – untuk mengambil bagian yang tidak terjangkau tangan.
  6. Alkohol – untuk mensterilkan alat yang akan digunakan
  7. Amoniak dan Hidrogen Peroksida – Sebagai cairan pembersih jamur yang ampuh
  8. Cotton Ball – Untuk membersihkan bagian sensitif kamera

Langkah – Langkah Membersihkan Kamera

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan membuka lensa kamera menggunakan obeng yang sudah disedikan tadi. Lakukan secara hati – hati dan perlahan. Jika semua baut sudah terbuka tapi tidak bisa dilepas, jangan dipaksa.
  2. Jika sudah membuka semua baut, coba lepaskan lensa dari sebelang samping dengan perlahan dengan melepas stiker yang menutupinya menggunakan pinset.
  3. Selanjutnya, anda membuka layer kamera yang pertama dengan melepas beberapa baut yang terpasang. Dilanjutkan dengan membuka layer yang kedua.
  4. Pada tahap ini anda sudah bisa melepas lensa kamera. Kemudian untuk menghilangkannya bisa direndam menggunakan campuran dari amoniak dan hidrogen peroksida. Diamkan beberapa menit kemudian angkat. Maka jamur akan mengelupas dengan sedirinya. Sebelum dipasang kembali pastikan lensa sudah kering. Anda bisa mengeringkannya menggunakan pengering rambut.
  5. Langkah terahir, anda bisa memasangkan kembali lensa kamera seperti semula. Dalam hal ini anda harus sangat hati – hati. Pasalnya, pastikan semua komponen tadi kering dan bersih dari debu. Jangan sampai, akibat anda membersihkan sendiri akan malah menambah kelembapan kondisi didalam lensa kamera anda.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Dari Jamur

cara membersihkan lensa kamera dari jamur

Berikut tutorial lengkap bagaimana cara membersihkan lensa kamera yang berjamur, antara lain sebagai berikut :

  1. Untuk membersihkan lensa kamera dari jamur, hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan menyiapkan tool kit atau obeng plus, penjepit jika ada dan kain karbon khusus kamera atau cairan khusus pembersih
  2. Jika sudah masuk ke langkah selanjutnya yaitu kalian perlu membuka lensa nya dari sebelah ujung. Caranya, buka stiker penutup menggunakan penjepit.
  3. Setelah itu pada langkah berikutnya buka layer pertama lensa. Lepas 3 baut yang menguncinya
  4. Kemudian jangan lupa untuk membuka layer yang kedua lalu kendorkan dan buka baut sambil di angkat lensanya dari dudukan secara perlahan
  5. Nah, pada bagian ini kalian hanya perlu membersihkan atau mengelap bagian lensa yang terkena atau ditumbuhi jamur. Jika perlu basahi dengan cairan khusus tadi yang sudah di siapkan sebelumnya
  6. Ketika proses penerapan cara membersihkan lensa kamera dari jamur berlangsung , pastikan kembali tidak ada jamur yang tersisa sedikitpun dan pastikan pula tidak ada goresan maupun sisa debu yang menempel. Selain itu, pada proses ini teman-teman juga harus berhati-hati saat mengelapnya agar tidak membuat gesekan pada lensa sehingga kualiats lensa tetap terjaga.
  7. Setelah slesai membersihkan nya makan pasang kembali setiap bagian lensa yang tadi dengan benar dan jangan sampai salah pasang.
  8. Kemudian, jangan lupa untuk selalu mengecek kembali bahwa penutup lensa juga sudah bersih dari debu agar nantinya ketika digunakan untuk menutup tidak membekas di bagian lensa.

Demikian ulasan mengenai cara membersihkan lensa kamera. Mungkin terdengar sedikit ribet, akan tetapi jika anda membaca dan mempraktekannya akan lebih mudah untuk dipahami.

Disarankan untuk menaruh kamera ditempat yang khusus, seperti dry box. Dengan menggunakan tempat sejenis “dry box” kondisi suhu dan kelembapan akan terjaga dengan baik.