Cara Kerja Kamera Mengambil Gambar

Cara Kerja Kamera Kamera merupakan alat yang digunakan untuk membuat sebuah bayangan fotografi pada film negatif. Di bagian dinding muka kamera ada lubang kecil yang berguna untuk memasukkan beberapa cahaya dengan melewati lensa positif atau disebut dengan lensa objektif. Dari lensa objektif itulah bayangan terbentuk nyata, terbalik dan diperkecil pada film negatif.

cara kerja kamera
Ilustrasi Cara Kerja Kamera

Prinsip Cara Kerja Kamera

Prinsip kerja kamera ialah menangkap cahaya. Cahaya tersebut masuk ke kamera lewat lensa ( subjek yang kamu ingin ambil bisa kamu lihat terlebih dahulu melalui viewfinder), dan di fokuskan supaya diterima oleh sensor cahaya yang memilah-milah cahaya berdasarkan komponennya. Semua informasi mengenani konsentrasi komponen cahaya ini diubah menjadi informasi digital dan kemudian disimpan di dalam media penyimpanan.

Darimana cahaya masuk kedalam kamera ? cahaya masuk kedalam kamera melalui bagian yang disebut dengan lensa.Cahaya hanya boleh melalui bagian lensa yang berupa lubang ( berbentuk lingkaran). Lubang disini di ibaratkan dengan jendela kamera ke dunia luar, dan jendela ini mempunya ukuran lubang tertentu.

Sama persis pada saat kita membuka mata atau menutup mata. Di kamera sendiri juga memiliki komponen yang dapat mengatur kecepatan si lubang ini saat kita perintahkan. Dengan mengatur dua properties ini, kita dapat mengatur internsitas cahaya yang masuk ke kamera.

Fungsi lensa juga dapat mengatur ketajaman fokus pada saat mengambil sebuah objek di kamera. Fokus adalah saat kita bisa melihat objek pada visualisasi yang terjelasnya, kebalikannya dengan yang disebut blur. Kalau menyangkut dengan cara kerja kamerafokus adalah ketika cahaya yang dilewatkan tepat jatuh ke bidang sensor kamera, seperti cahaya yang melewati kornea mata kita dan tepat jatuh di retina maka kita dapat melihat fokus pada suatu objek.

Cara Kerja Kamera Digital

cara kerja kamera digital
Kamera Digital

Kamera digital adalah kamera yang menggunakan atau mengoperasikannya dengan sistem digital. Kamera ini sudah tidak lagi menggunakan film dengan bentuk rol, melainkan menggunakan media penyimpanan yaitu memori ( memory card ). Gambar atau foto yang sudah terbentuk di dalam kamera dapat dihapus secara otomatis karena pada kamera ini sudah dilengkapi dengan berbagai sarana. Misalnya, menggerakkan gambar, zoom gambar dan menghapus gambar. Jika kita ingin mencetak foto yang dihasilkan, hanya dengan dihubungkan ke komputer saja dengan menggunakan kable data dari kamer tersebut. Di dalam komputer gambar foto dapat diperbesat atau di perkecil sesuai dengan yang kalian inginkan, sehingga kamera digital lebih praktis.

Cara Kerja Kamera Polaroid

cara kerja kamera polaroid
Kamera Polaroid

Bagi kalian yang belum pernah sama sekali mengunakan kamera polaroid, mungkin akan kebingungan pada saat menggunakannya, Berbeda dengan kamera digital yang saat ini sedang ramai digunakan pada kalangan fotografer, cara kerja kamera polaroid bisa dibilang lebih unik dan instan.

Perbedaan yang sangat mendasar yaitu hasil foto dari kamera polaroid yang langsung tercetak saat itu juga. Hal ini tentu saja jikalau ketersediaan isi film nya masih ada. pada kamera ini kamu harus berhati-hati, kamu tidak bisa sembarangan jepret sana jepret sini seperti kamera digital jika kamu ingin menghemat isi film dari kamera polaroid.

Cara Kerja IP Camera

cara kerja kamera ip kamera
IP Camera

Cara kerja IP camera ini berbeda denfan cara kera cctv analog yang biasa nya. pada Ip camera ini memiliki sistem yang lebih canggih di bandingkan dengan cctv analog. IP camera menggunakan kabel jaringan yang bisa dipasang dalam jarak 100 meter dari switch atau Hub. Perangkat ini memiliki kelebihan yaitu bisa akses dari mana saja karena sistemnya menggunakan internet.

Yang nantinya secara realtime akan terus disimpan menjadi sebuah rekaman yang dapat diputar ulang ketika kamu butuhkan. Namun hal ini masih memiliki kekurangan yaitu dari sisi keamanannya karena IP camera terhubung oleh internet maka jika pertahanan tidak kuat akan bisa dimasuki oleh hacker yang bisa merusak jaringan atau mencuri data rekaman tersebut.

Cara Kerja Kamera DSLR

cara kerja kamera dslr
Ilustrasi Cara Kerja Kamera DSLR

DSLR atau kependekan dari Digital Single Lens Reflex. DSLR adalah kamera yang memanfaatkan cermin yang ada di dalam kamera untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Viewfinder adalah lubang kecil yang berada di belakang kamera tempat untuk menginti objek foto. Kenapa ada kata single pada kepanjangan DSLR ? emang ada ya yang double ? ada ko namyanya kamera TLR alias Twin Lens Reflex. TLR adalah teknologi yang sudah hampir punah dan bahkan skranga sudah tidak banyak yang menggunakan.

Cara Kerja Kamera CCTV

cara kerja kamera cctv
Kamera CCTV

Cara kerja kamera cctv tidaklah berbeda dengan kamera video lainnya, yaitu bertugas sebagai alat perekam suatu aktifitas atau kejadian pada waktu atau tempat tertentu. Namun yang jadi perbedaan cara kerja cctv dengan cara kerja kamera biasa yaitu:

  • Kamera cctv dapat merekam segala kegiatan atau aktifitas secara otomatis dan cara kerja yang dapat kalian atur pada pengaturan system cctv tersebut.
  • Biasanya kamera cctv lebih difungsikan untuk kamera pengaman karena dapat tersembunyi dengan baik sebagai alat pengintai yang cocok digunakan sebagai kamera pengaman

Cara Kerja Kamera Obscura

cara kerja kamera obscura
Kamera Obscura

Kamera obscura yang merupakan kamera pertama di dunia ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim bernama Ibnu Al-Haitam. Ilmuwan yang berasal dari Irak ini adalah seorang peneliti fisika khususnya dalam bidang optik.

Dalam sejarah perkembangan kameradisebutkan bahwa kamera obscura yang ditemukan oleh Al-Haitam memiliki lubang kecil yang mampu membuat citra sebuah gambar yang semi nyata dan diproyeksikan dalam posisi terbalik. Kamera ini belum dilengkapi lensa ataupun kemampuan untuk menyimpan gambar. lebih detail kalian bisa liat artikel tentang Pengertian Kamera Obscura

Berikut adalah Artikel tentang cara kerja kamera mengambil sebuah gambar. Semoga dapat membantu kalian para fotografer yang membaca artikel ini.